Rabu, 23 Maret 2011

Honda Supra Rangka Knock Down

 

Rangka asli Honda Supra besutan Budi ini hanya disisakan sektor centerbone aja. Frame tengah hingga buritan sudah dibabat habis ke akar-akarnya. "Centerbone dipertahankan agar tetap berfungsi sebagai dudukan mesin," bilang Dana Prasetya, sang modifikator.

Karena rangka buritan sudah buntung, Dana sudah mempersiapkan planning penggantinya. Sebagai penopang jok, dibuatkan rangka baru sistem knock down. Pipa berdiameter 2/8 dim jadi bahan pokoknya. 
Setelaelah selesai didesain, rangka baru lantas dibaut pada centerbone. Sistemnya memang bisa bongkar-pasang. Agar tampilannya terlihat keren aja tidak ada maksud lain," beber modifikator yang dipanggil Gondez ini. 

Dari rangka baru yang knock down inilah jok berikut cover samping dengan mudah terpasang. Ini kali Gondez memang tidak mau neko-neko. Menginginkan tampilan motor terlihat sesimpel mungkin. Makanya dia sengaja menonjolkan rangka, tanpa bungkus cover bodi. Termasuk keberadaan swing arm.

Punggawa GDZH Custom Rebuilt Jombang ini sengaja mendramatisir desain swing arm. Modelnya sengaja dibikin ribet biar tampilan menjadi lebih terkesan sangar. Inspirasinya dari MadAss yang dikolaborasi dengan model rangka pada Ducati Streetfighter. 

Selain ingin mengenalkan ciri dalam bentuk dan desain modifikasinya, Donny juga punya misi untuk ikut mengembangkan motif Indonesia. "Tapi, karena selama ini motif nasional itu identik dengan motif Jawa. Untuk itu saya ingin membuat sesuatu yang berbeda," lanjutnya.

Ini kali dia airbrush GL-Pro ini dengan hijau gold. "Warna ini mencirikan kampung halaman saya, Riau," lanjut pria asal Pekanbaru, Riau ini. Kelir ini memang acap juga dipakai dalam kain tenun atau songket dari ranah Melayu.

Selain itu di bagian tengah tangki juga dibuatkan semacam garis yang menggunakan motif batik. "Motif seperti itu jika didesain dengan pas juga cocok buat motor dengan aliran modifikasi sangar seperti ini," tambah pria bertubuh gelap.

Ide dari budaya lokal? Kenapa tidak, Bro!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar